Bandung RayaHeadlineNasionalPemerintahanPenghargaanPeristiwa

Hari Aksara Internasional, TBM Sukamulya Kota Bandung Raih Penghargaan Kreatif – Reaktif dari Mendikbud

KOTA BANDUNG, METROJABAR.ID- Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sukamulya Cerdas Kecamatan Cinambo Kota Bandung meraih penghargaan TBM Kreatif-Reaktif pada peringatan Hari Aksara Internasional Tingkat Nasional Tahun 2020, Selasa (8 September 2020).

Acara peringatan tersebut dilaksanakan secara virtual. Sedangkan penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim.

Penggagas TBM Sukamulya Cerdas, Nonih Suarsih menyatakan sangat bersyukur atas penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan ini bisa menjadi kado HUT ke-210 Kota Bandung dari Kelurahan Sukamulya.

“Alhamdulillah. Ini bisa menjadi hadiah bagi warga Kota Bandung yang sebentar lagi ulang tahun,” kata Nonih.

Nonih mengungkapkan, TBM di wilayahnya didirikan oleh warga, tokoh masyarakat dan pemerintah. Tujuannya untuk meningkatkan minat baca warga. Target utamanya, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Tak hanya itu, TBM Sukamulya pun berkembang ke dunia wirausaha. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan ekonomi dan sosial di masyarakat. “Ibu-ibu membentuk wirausaha berbasis lingkungan dan sosial. Kita kumpulkan untuk masak dan lanjut belajar membaca,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Sukamulya, Ihsan Furqon mengaku bangga dengan prestasi tersebut. “Alhamdulillah, kerja keras kami bisa memperoleh penghargaan. Penghargaan ini merupakan kado bagi masyarakat sebagai peran untuk meningkatkan minat baca,” katanya.

Selain Kota Bandung, juga terdapat TBM kategori Kreatif – Reaktif yang mendapat penghargaan di antaranya, TBM PPLG (Paguyuban Pemuda Literasi Global), Kota Serang. TBM Lingkaran, Kabupaten Deli Serdang. TBM Panti Baca Ceria, Kabupaten Sumedang. (Red./Azay)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close