EvakuasiHeadlineInformasiKebakaranKota BandungPelayanan PublikPemerintahanPenangananPeristiwa

5 Rumah Warga di Pagarsih Bandung Ludes Terbakar

KOTA BANDUNG, METROJABAR.ID- Sebanyak lima rumah di kawasan padat penduduk di Pagarsih, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astanaanyar, ludes terbakar. Kejadian ini terjadi tepatnya pada Kamis 14 Oktober 2021 sekira pukul 10.30 WIB.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Dadang Iriana membenarkan hal tersebut. Menurut Dadang dalam waktu sekira 8 menit setelah menerima laporan, tim Diskar PB Kota Bandung tiba di lokasi.

“Jadi yang terbakar di lokasi ini adalah sebanyak 5 rumah, 5 rumah tersebut diisi oleh 6 kepala keluarga terdiri dari 20 jiwa. Saat ini belum diketahui penyebab kebakaran tersebut,” kata Dadang di lokasi.

Dikarenakan ketersediaan air yang memadai, maka kata Dadang kebakaran berhasil dipadamkan hanya dalam waktu 5 menit saja.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, karena sebelum api menyebar, evakuasi sudah terlebih dahulu dilakukan,” katanya.

Menurut Dadang, apabila kebakaran tersebut tidak segera dipadamkan maka dikhawatirkan kebakaran bisa merambat ke rumah lain.

“Kawasan ini padat sekali dan rumahnya rata-rata terbuat dari kayu dan tipblok, ini sangat rawan kalau terlambat memadamkan,” katanya.

Oleh karena itu Dadang pun berterima kasih kepada masyarakat yang telah membantu Diskar PB pada saat pemadaman api. Terutama saat proses evakuasi kebakaran sehingga kebakaran di pemukiman padat tersebut nihil korban jiwa.

Menurut Ketua RW setempat Yohan, sekira pukul 10.00 WIB, ada suara ledakan dari rumah milik Pak Suharto. Namun ketika diperiksa sudah dalam keadaan terbakar, warga pun mulanya coba memadamkan dengan alat seadanya.

“Namun api cepat sekali menyebar,” katanya.

Sementara berdasarkan data yang dihimpun, rumah yang terbakar ini milik, Suharto, Maslan, Samuel, Jejen dan Arifin. Total luas bangunan yang terbakar adalah seluas 66 m2.

Pantauan di lokasi, kebakaran ini cukup membuat warga panik dikarenakan dikhawatirkan bisa menyebar ke rumah di sekitarnya. 

Beruntung petugas dari Diskar PB Kota Bandung berhasil melakukan penyekatan terlebih dahulu sehingga kebakaran tidak membakar lebih dari lima rumah. (Red./Annisa)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close