Arus Lalu LintasArus MudikHeadlineKota BandungMudikPelayanan PublikPemerintahanPeristiwaPrediksiTNI/POLRI

Kapolda Jabar Prediksi Puncak Arus Mudik di Jabar Berlangsung hingga Malam Ini

KOTA BANDUNG, METROJABAR.ID- Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana menyebut arus mudik di Jawa Barat sudah menurun. Meski begitu puncak arus mudik masih diprediksi hingga malam ini.

“Terkait situasi terakhir arus lalu lintas jalan tol dari arah barat Jakarta yang menuju ke Jawa Timur, ada yang nanti ke Jawa tengah melalui Cirebon dan ada juga yang melalui Bandung. Alhamdulillah, pantauan saya di lapangan dari pagi dan beberapa hari ini, sebagian besar arus mudik sudah melewati jalur Cikatama, pantauan dua jam terakhir arus di Cikatama yang memasuki jalan tol akan ke Bandung atau Cirebon jumlahnya tidak sebesar yang kemarin,” ujar Suntana saat ditemui di Pos Pelayanan Mudik Cikapayang, Dago, Kota Bandung, Sabtu (30/4/2022).

Menurut Suntana penurunan arus tersebut berdasarkan pantauan arus mudik lewat jalur tol. Meski begitu, angka penurunan tak cukup signifikan.

“Berdasarkan data angka yang melalui jalan tol, kemarin cukup banyak hampir 100 ribuan (kendaraan) yang melalui jalur tol. Hari ini sampai sore ada sekitar 70 ribuan lebih. Maka dari itu, puncak arus mudik antara kemarin dengan hari ini,” kata Suntana.

Suntana mengatakan untuk jalur arteri juga kemarin dan hari ini sempat mengalami peningkatan. Pihaknya akan memantau kondisi terakhir nanti malam.

“Untuk masyarakat kita yang melalui jalur arteri, yang dari gedung Waringin Karawang dari semalam sudah mengalami peningkatan, nanti saya akan memantau ini kan jadi malam terakhir perjalanan mudik karena besok puasa dan malam takbiran jumlahnya saya kira tidak terlalu banyak,” katanya.

Suntana menambahkan untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan malam ini, anggota sudah disiapkan di sepanjang jalur mudik. Beragam pola rekayasa lalu lintas akan diterapkan apabila terjadi kemacetan.

“Kami sedang mengelola rekan pemudik dan masyarakat yang akan pulang malam ini, anggota kita tetap berada di lapangan untuk memastikan pemudik yang melalui jalur tol dengan sistem one way bisa terlayani dengan bagus, mudah-mudahan bisa aman begitu juga dengan jalur selatan Nagreg Garut tadi ada sedikit kepadatan tapi dengan Polda one way sudah berjalan dengan bagus dan situasinya relatif lancar dan terkendali,” tutur dia. (Red./Azay)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close