HeadlineKeluhkanKESEHATANKonflikKota BandungPelaporanPelayanan PublikPemerintahanPeristiwaPolusi

Aktivitas Pembakaran Sampah Dekat dengan Pemukiman, Warga Taman Cibaduyut Indah Bandung Keluhkan Asap Yang Menyengat

KOTA BANDUNG, METROJABAR.ID- Aktivitas pembakaran sampah mengganggu warga perumahan Taman Cibaduyut Indah (TCI) Bandung.

Warga yang terganggu aktivitas pembakaran sampah itu berada di Blok J, RT 1 RW 11, Desa Cangkuang Wetan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

Sebab, sampah yang dibakar menimbulkan bau menyengat dan mengganggu pernapasan.

Aktivitas pembakaran sampah juga dilakukan setiap hari, tidak mengenal waktu, baik pagi siang atau sore. Aktivitas pembakaran sampah dilakukan di TPS yang berada dekat dengan permukiman warga.

Lokasinya berada di Desa Cangkuang Kulon, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung atau hanya dipisahkan oleh sungai kecil dengan perumahan Taman Cibaduyut Indah.

Aktivitas pembakaran sampah itu sudah berlangsung lama. Warga sebelumnya sudah beberapa kali protes. Bahkan, beberapa waktu lalu Satgas Citarum Harum pun sempat mendatangi lokasi.

Pengelola TPS sempat mengikuti keinginan warga namun belakangan ini semakin menjadi-jadi.

Pembakaran sampah terus dilakukan tak mengenal waktu. Sampah yang dibakar pun terkadang berupa karet, plastik dan material lain yang baunya menyengat hidung.

“Terus terang warga di Blok J Taman Cibaduyut Indah ini merasa sangat terganggu dengan adanya aktivitas pembakaran sampah. Setiap pagi bukan udara segar yang kami hirup melainkan udara bau sampah,” ujar Lukman, warga Blok J pada, Jumat (29/4/2022).

Lukman berharap ada perhatian dari pemerintah desa maupun kecamatan terkait kondisi tersebut.

Ia berharap TPS itu dipindahkan dan aktivitas pembakaran sampah tak lagi dilakukan.

“Warga sudah jenuh setiap kali harus protes tapi pengelola TPS seolah tak mendengar dan terus saja membakar sampah. Kami sudah lapor ke Bupati Bandung dan Dinas LH, semoga ada perhatian,” ujarnya.

“Coba pihak desa atau kecamatan mengecek ke lokasi. TPS ini sangat tidak layak, berada di dekat permukiman warga dan jelas mengganggu kesehatan,” tandasnya.

Warga lainnya, Agus juga mengatakan hal yang sama. Menurut dia, aktivitas pembakaran sampah itu memang sangat mengganggu.

Ia berharap ada perhatian dari pemerintah agar TPS dipindahkan dari lokasi saat ini. (Red./Annisa)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close