HeadlineKebersihanKesadaran MasyarakatKota BandungLibur PanjangPelayanan PublikPemantauanPemerintahanPenangananPeristiwaWisata

Sekda Jabar Ungkap Produksi Sampah di Jawa Barat Meningkat Selama Libur Lebaran

KOTA BANDUNG, METROJABAR.ID- Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja mengklaim tak ada kendala terkait penanganan sampah selama libur Lebaran. Ia juga tak menampik adanya peningkatan produksi sampah selama libur Lebaran.

“Produksi sampahnya kurang lebih dari yang biasa, kita melihat mungkin ada peningkatan sekitar satu setengah kali lipat. Aman, karena kita sudah menyiapkan dari jauh-jauh hari sebelumnya,” kata Setiawan di kantor BKD Jabar, Senin (9/5/2022) Kemarin.

Setiawan mengaku rutin memantau perkembangan penanganan sampah selama libur Lebaran. Ia mengatakan untuk wilayah Bandung Raya, penanganan sampah terpusat di TPA Sarimukti.

Sementara itu, penanganan sampah di wilayah Bodebek dikelola melalui TPA Cipayung Depok, dan TPA Galuga Bogor.

“Kemudian di wilayah Cirebon dan seterusnya juga ada” kata Setiawan.

Lebih lanjut, Setiawan mengatakan Pemprov Jabar telah memastikan kesiapan armada dan BBM untuk mengangkut sampah selama libur Lebaran. “Makanya kemarin kan tidak ada masalahnya, tapi produksi (sampah) bertambah,” kata Setiawan.

Sekadar diketahui, penampakan sampah yang menggunung terjadi di obyek wisata Pantai Pangandaran. Bahkan, sampah berserakan di sekitar pantai dan jalan. Tumpukan sampah ini diproduksi para wisatawan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Pangandaran Trisno mengatakan penumpukan sampah yang luar bisa oleh wisatawan di Pangandaran tidak seperti biasanya.

“Banyak wisatawan yang mengabaikan sampah yang berserakan, bahkan tak sedikit buang sampah sembarangan,” Ungkapnya. (Red./Usep)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close