HeadlineHukumKeadilanKota BandungPasalPelayanan PublikPelecehanPemerintahanPeristiwa

Akhirnya! Herry Wirawan Pemerkosa Santriwati di Bandung Divonis Hukuman Mati

KOTA BANDUNG, METROJABAR.ID- Hukuman Herry Wirawan, pemerkosa 13 santriwati di Bandung diperberat dan menjadi vonis hukum mati.

Vonis hukum mati Herry Wirawan itu setelah Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Bandung mengabulkan banding dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Sebelumnya, Herry divonis hukum mati oleh Pengadilan Negeri (PN) Bandung pada 15 Februari 2022 lalu.

“Menerima permintaan banding dari jaksa penuntut umum. Menghukum terdakwa oleh karena itu dengan pidana mati,” kata Herri Swantoro di Bandung, Jawa Barat, Senin (4/4/2022).

Selain divonis mati, Herry Wirawan juga wajib bayar uang restitusi sebesar Rp300 juta lebih.

Vonis ini sebelumnya tidak diberikan PN Bandung, Saat itu PN Bandung membebaskan Herry dari hukuman pembayaran ganti rugi terhadap korban.

“Menimbang, bahwa majelis hakim tingkat pertama telah menjatuhkan putusan untuk membebankan restitusi kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, bahwa hal ini bertentangan dengan hukum positif yang berlaku,” kata Hakim.

Hukuman itu sesuai Pasal 21 KUHAP jis Pasal 27 KUHAP jis Pasal 153 ayat ( 3) KUHAP jis ayat (4) KUHAP jis Pasal 193 KUHAP jis Pasal 222 ayat (1) jis ayat (2) KUHAP jis Pasal 241 KUHAP jis Pasal 242 KUHAP, PP Nomor 27 Tahun 1983.

Kemudian Pasal 81 ayat (1), ayat (3) jo Pasal 76.D UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak jo pasal 65 ayat (1) KUHP dan ketentuan-ketentuan lain yang bersangkutan. (Red./Annisa)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close