AlokasiAnggaranBerkoordinasiHeadlineJawa BaratKota BandungOperasi PasarPelayanan PublikPemerintahanPeristiwaSubsidi

Pemprov Jabar Alokasikan Dana Rp 15 M Untuk Operasi Pasar Murah

KOTA BANDUNG, METROJABAR.ID- Pemprov Jawa Barat (Jabar) telah menyiapkan pasar murah bagi masyarakat. Anggaran Rp 15 miliar untuk menyubsidi sejumlah komoditas kebutuhan pokok pun disiapkan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar Iendra Sofyan mengatakan operasi pasar murah tersebut dalam rangka menyetabilkan harga kebutuhan pokok saat Ramadan dan Lebaran. Sebab, Iendra mengatakan perubahan harga selalu terjadi secara alamiah ketika Ramadan dan Lebaran.

“Iya betul yang anggaran Rp 15 miliar. Nanti komoditas yang kita subsidi saat operasi pasar murah itu adalah gula pasir, tepung, beras dan minyak goreng,” kata Iendra , Selasa (5/4/2022).

Iendra mengatakan keputusan untuk memberikan subsidi terhadap gula pasir, tepung, beras dan minyak goreng itu berdasarkan kajian tim. Keempat komoditas tersebut tentunya paling dibutuhkan selama Ramadan dan Lebaran.

Sekadar diketahui, saat ini minya goreng curah alami kelangkaan. Bahkan, di beberapa daerah Jabar harganya tak wajar. Tak sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah.

“Ini semua dalam rangka stabilisasi harga kebutuhan pokok. Kita lakukan pasar murah. Rencananya pada pekan kedua dan ketiga Ramadan,” kata Iendra.

Lebih lanjut, Iendra mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan Satgas Pangan Jabar untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok selama Ramadan. Menurutnya, secara keseluruhan dari hasil koordinasi yang dilakukan menyatakan bahwa ketersediaan pangan hingga Lebaran aman.

“Sekarang kita terus data dari mulai produsen hingga pasar-pasar,” kata Iendra. (Red./Annisa)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close