HeadlineInfrastrukturKota BandungPelayanan PublikPembangunanPemerintahanPengelolaanPerda Kota BandungPerencanaanPeristiwa

Pemkot Bandung Resmi Kelola Gedung Eks Matahari Banceuy, Yana: Akan Dijadikan Mall dan Hotel Mulai 2023 Mendatang

KOTA BANDUNG, METROJABAR.ID- Setelah lama tak digunakan, Gedung Eks Matahari Banceuy, Kota Bandung akhirnya akan dikelola oleh Pemerintah kota (Pemkot) Bandung.

Plt Wali kota Bandung Yana Mulyana menyampaikan, gedung Eks Matahari Banceuy nantinya akan dijadikan lagi sebagai mall yang dilengkapi dengan hotel yang operasionalnya dimulai pada 2023 mendatang.

“Akan menjadi pusat komersial. Kita fungsikan sebagai mal, ada hotel juga di dalamnya. Rencananya awal tahun 2023 akan mulai dioperasikan,” jelas Yana dalam keterangan resmi Pemkot Bandung, Jumat (1/4/2022).

Kepastian pengelolaan Gedung Eks Matahari Banceuy oleh Pemkot Bandung itu resmi disepakati pada Kamis, 31 Maret 2022 kemarin.

Pemkot Bandung resmi mengelola aset tanah dan bangunan tersebut.

Yana Mulyana menyampaikan, dalam waktu yang cukup lama ini, banyak langkah yang diambil demi menjalankan asas kehati-hatian sebelum akhirnya ada kesepakatan soal pengelolaan Gedung Eks Matahari tersebut.

“Dua tahun lebih ya kita menanti momen ini. Mudah-mudahan berjalan dengan baik sesuai aturan dan bisa memberikan manfaat serta berkah bagi kita semua,” ujar Yana.

Gedung eks Matahari ini akan dikelola bersama PT 8 Property Indonesia selaku mitra Pemkot Bandung.

Serupa dengan Yana, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menuturkan, proses dan rangkaian panjang rencana pengelolaan gedung ini sudah dilalui sesuai ketentuan yang berlaku.

“September 2019, gedung yang dikenal dengan Matahari Banceuy, kami sebut akhirnya kembali ke pangkuan pertiwi. Sesuai dengan ketentuan yang ada, kita sudah melahirkan Perda nomor 12 tahun 2018 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah,” ungkap Ema.

Sebelumnya, lanjut Ema, Pemkot Bandung juga telah melakukan proses perhitungan kelayakan bangunan dan verifikasi ulang data-data administrasi terkait.

“Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung sudah melakukan verifikasi juga,” tuturnya.

Sedangkan Direktur 8 Property, Joseph Patrick Siwemole mengatakan, meski waktu yang ditempuh untuk akhirnya bisa resmi mengelola bangunan ini bersama, pihaknya akan terus menyelesaikan kewajiban yang telah disepakati.

“Perjalanan ini tidaklah mudah, apalagi diikuti pandemi Covid-19 yang tidak habis-habis. Kita semua akan berusaha untuk mengembangkan gedung eks Matahari Banceuy bagi masyarakat,” ucap Joseph. (Red./Usep)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close