EkonomiHeadlineInfrastrukturKota BandungManfaatOperasiPariwisataPelayanan PublikPemerintahanPemulihan EkonomiPeristiwaTransportasi

Jalur Kereta Api Cibatu-Garut Resmi Beroperasi Kembali Hari Ini

KOTA BANDUNG, METROJABAR.ID- Jalur kereta Cibatu-Garut, Jawa Barat (Jabar), resmi beroperasi kembali. Aktif kembalinya jalur tersebut dinilai bisa berdampak positif pada pergerakan manusia dan barang.

“Selamat kepada warga Garut, mulai hari ini jalur kereta api Garut-Cibatu hingga Bandung dan Jakarta sudah berfungsi lagi setelah puluhan tahun berhenti,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam keterangan 1yang diterima, Jumat (25/3/2022).

Ridwan Kami mengatakan jalur Cibatu-Garut akan mempercepat pergerakan manusia dan barang. Sehingga, lanjut dia, berdampak pada meningkatnya perekonomian warga.

Ridwan Kamil juga mengatakan jalur kereta Cibatu-Garut tersebut menjadi infrastruktur pendukung pariwisata di Garut. “Ini menandakan pergerakan manusia dan barang bisa lebih cepat dan bebas dari kemacetan,” kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Sekadar diketahui, jalur kereta Cibatu-Garut sempat berhenti beroperasi pada 1982. Setelah 40 tahun, kini jalur legendaris itu beroperasi kembali. Jalur kereta Cibatu-Garut dibangun pada zaman kolonial Belanda. Jalur kereta itu juga sempat dirasakan oleh komedian asal Inggris Charlie Chapline.

Jalur tersebut bakal melintasi pemandangan indah. Kang Emil sempat merasakan jalur kereta Cibatu-Garut, tepatnya saat pengecekan akhir sebelum dioperasikan secara resmi.

Kang Emil berharap moda transportasi kereta api menjadi pilihan utama masyarakat seiring jalur lainnya yang akan direaktivasi, dan pembangunan jalur baru. Transportasi berbasis kereta api selain efisien, juga efektif menekan tingkat polusi dan kemacetan di jalur arteri.

“Jadi di masa depan harus lebih seimbang transportasi berbasis kereta dibanding mobil,” ucapnya. (Red./Annisa)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close