DampakDistribusiHeadlineKabupaten Bandung BaratKebersihanMasalahPelayanan PublikPemerintahanPengoperasianPeristiwa

Kehabisan BBM Untuk Alat Berat, Operasional di TPA Sarimukti Bandung Terganggu

KAB BANDUNG BARAT, METROJABAR.ID- Pengiriman sampah ke TPA (tempat pembuangan akhir) Sarimukti, di Kampung Cigedig, Desa Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat terganggu. Hal itu imbas dari habisnya bahan bakar minyak (BBM) untuk alat berat di lokasi TPA.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung Dudy Prayudi mengatakan sampah-sampah yang berada di tempat pembuangan sementara (TPS) belum bisa terangkut ke TPA.

“Iya ada dampaknya, saat ini sampah yang ada di TPS belum bisa terangkut ke TPA,” ujar Dudy, Sabtu (6/11/2021).

Saat ini pihaknya tengah menunggu langkah DLH Kota Bandung untuk pengiriman BBM dari Pertamina. “Mudah-mudahan dapat cepat dilakukan pengiriman BBM untuk operasional loader di TPA Sarimukti,” katanya.

Dihubungi terpisah, Kemitraan TPA Sarimukti Heri S Wangsa Prawira mengatakan tersendatnya distribusi BBM ini membuat alat-alat berat di TPA Sarimukti tak bisa beroperasi. Dia menyebut kondisi tersebut telah berlangsung sejak Jumat (5/11/2021) kemarin.

“Maksudnya ditutup ini bukan ditutup dengan sengaja, tapi kan kalau operasional tanpa alat berat kan jadinya tidak karuan. Kedua mungkin ada keterlambatan juga dalam jam, jalan provinsi sedang diperbaiki juga di Cipatat,” ucap Heri.

“Berdasarkan informasi dari pimpinan dari pak Heri, BBM akan diluncurkan. Iya dari kemarin sampai sekarang, penutupan itu bukan semata-mata disengaja tapi dengan adanya situasi kondisi di lapangan,” katanya melanjutkan.

Kepala DLH Provinsi Jawa Barat Prima Mayaningtyas mengatakan saat ini pihaknya masih memproses distribusi BBM ke TPA Sarimukti. “Tidak tutup (TPA Sarimukti), menunggu BBM lagi dalam proses,” ujarnya singkat.

Informasi mengenai tak bisa beroperasinya TPA Sarimukti karena pasokan BBM ini juga tersebar di media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun Info KBB di Facebook. Dalam narasinya, terpampang deretan truk sampah milik DLH Kabupaten Bandung Barat terparkir di halaman UPT Kebersihan KBB di Jl Gedong V, Padalarang.

“Selain menimbulkan pemandangan kurang bagus, air rembesan sampah dari truk yang diguyur hujan sepanjang hari ini menyebabkan jalanan menjadi becek disertai bau yang sangat tidak sedap,” tulis akun tersebut. (Red./Annisa)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close