AnggaranApresiasiEra AKBHeadlineInovasiKabupaten Sorong, PapuaKerjasamaPelayanan PublikPemerintahanPerancanganPeresmianPeristiwaRevitalisasi

Ridwan Kamil Resmikan Alun-Alun Aimas Kabupaten Sorong

KAB SORONG, METROJABAR.ID- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut meresmikan Alun-alun Aimas di Kabupaten Sorong, Papua pada Kamis (1/10/2021). Alun-alun rancangannya itu, akan menjadi wajah baru bagi Kabupaten Sorong yang rindang dengan pepohonan besar.

Kedatangan Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya disambut oleh tari-tarian tradisional khas Papua dan Jawa Barat yang diperagakan oleh warga Sorong. Setelah itu, peresmian dilakukan bersama Bupati Sorong Johny Kamuru dan jajarannya.

Ridwan Kamil mengatakan, perancangan Alun-alun olehnya ini merupakan permintaan dari Bupati Johny pada 2017 lalu. Ketika itu, pria yang akrab disapa Kang Emil itu masih menjabat sebagai Walikota Bandung.

“Nah waktu Pak Bupati ketemu saya, saya bilang salah satu tempat yang dirindukan warga adalah alun alun,” ujar Kang Emil.

Menurutnya, sebagai ruang terbuka publik, alun-alun merupakan jantung kota tempat warga berkumpul dan melepas penat. “Maka pas saya gambar, harus ada ragam hias, ragam budaya. Lalu ada juga fasilitas olahraga, dan lainnya,” kata Kang Emil.

Dalam rancangannya, Kang Emil membuat bangunan koridor yang dirancang menyerupai jajaran pohon-pohon besar. Desain itu datang dari banyaknya pohon besar saat dirinya berkunjung ke Kabupaten Sorong.

“Bangunan di depan itu inspirasinya memang dari banyaknya pohon-pohon besar di sini yang diwujudkan dalam bentuk struktur,” katanya.

Revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sorong sendiri terbagi dari dua sisi, yakni sisi utara dan selatan. Kang Emil meresmikan alun-alun sisi utara yang sudah rampung direvitalisasi. Menurut Kang Emil, alun-alun sisi selatan nantinya akan hadir lebih megah pada tahap pembangunan berikutnya.

“Kabar baiknya, saya juga sudah menghadap pemerintah pusat melalui Pak Mahfud MD (Menkopolhukam) yang rencananya akan membiayai pembangunan alun-alun tahap dua ini,” kata Kang Emil.

Kerjasama ini diharapkan Kang Emil bisa mendorong Kabupaten Sorong lebih maju. Selain itu, kolaborasi ini juga merupakan wujud persahabatan provinsi Jawa Barat dan Papua.

“Saya doakan, dengan kehadiran alun-alun ini, Kabupaten Sorong semakin maju. Pesan saya, setiap hari harus ada yang baru. Anak-anak harus pintar, sejahtera, dan hebat dari orang tuanya. Jangan sebaliknya,” kata Kang Emil.

Bupati Sorong, Johny Kamuru mengapresiasi Kang Emil yang telah mendesain Alun-alun Kabupaten Sorong hingga kini tampil beda.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak, apresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran bapak di sini,” ucap Kamuru.

“Ini memang sudah direncanakan sejak lama, tapi Puji Tuhan ini waktu yang tepat. Bayangkan, kemarin (kasus) Corona lagi tinggi-tingginya, lalu sekarang ada PON (Pekan Olahraga Nasional), dan Presiden mau ke sini (Papua), luar biasa,” sambung Kamuru.

Pihaknya meminta bantuan Kang Emil untuk mengubah wajah Kabupaten Sorong, khususnya Distrik Aimas menjadi sebuah kota yang modern sebagai salah satu visinya saat mencalonkan diri menjadi Bupati Sorong.

“Saya pikir (Ridwan Kamil) yang terbaik karena memiliki banyak gagasan. Kita lalu berangkat ke Bandung. Beliau sendiri yang gambar (alun-alun) secara keseluruhan,” ungkapnya.

Revitalisasi sisi utara Alun-alun Kabupaten Sorong ini telah menghabiskan dana sekitar Rp22 miliar yang seluruhnya berasal dari APBD Kabupaten Sorong. Sedangkan jika ditotalkan dengan pembangunan sisi selatan menghabiskan Rp 52 miliar.

“Sepanjang pengetahuan saya, ini merupakan inovasi (kerja sama Papua dengan daerah lain) pertama di Tanah Papua. Jadi, alun-alun ini milik kita semua. Kalau kita merasa memiliki, berarti kita harus jaga,” katanya Johny. Ia pun menyambut baik kabar dari Kang Emil yang menyatakan pemerintah pusat akan membantu mendanai pembangunan Alun-alun Aimas ini. (Red./Annisa)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close