BusinessDKI JAKARTAEkonomiHeadlineJakartaKEMANUSIAANKESEHATANNasionalPemerintahan

Upaya BUMN Selamatkan UMKM Yang Terdampak Gulung Tikar

JAKARTA, METROJABAR.ID – Sekitar 50 persen pelaku UMKM diperkirakan gulung tikar akibat pandemi Covid-19. Maka, pemerintah berupaya menyelamatkan UMKM agar bisa menekan bertambahnya jumlah pengangguran dan tingkat kemiskinan. Setidaknya dari 40 survei memperkirakan separuh UMKM tidak akan mampu survive.

Presiden Joko Widodo meminta kepada Badan Usaha Milik Negara dan Pemerintah daerah jadi penyangga dalam ekosistem Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada tahap awal pemulihan pandemi Covid-19. Konsolidasi usaha menurut Jokowi sangat penting untuk para pelaku UMKM.

“Misalnya BUMN atau BUMD menjadi offtaker bagi hasil produksi para pelaku UMKM baik ini di bidang pertanian, perikanan, kuliner sampai di industri rumah tangga,” kata Jokowi saat rapat terbatas lanjutan Pembahasan Program Mitigasi Dampak Covid-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah melalui siaran telekonference di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 29 April 2020.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong proyek bernilai kecil dialihkan ke sektor usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM). pengalihan proyek bernilai kecil ke UMKM bisa segera dilakukan. Tujuannya supaya UMKM bisa bangkit kembali sehingga perekonomian nasional dapat berjalan dan cepat pulih.

“BUMN untuk memprioritaskan proyek bernilai kecil dialihkan ke pelaku UMKM. “Nantinya, BUMN tidak boleh ikut tender, apalagi yang kecil-kecil. Kita mau prioritaskan ke UMKM,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir, Jakarta, 16 Juli 2020.

Erick mengatakan, prioritas itu ditujukan ke delapan jenis usaha, di antaranya pengadaan makanan dan minuman hingga alat berat. Dengan begitu, menurut Erick, dapat membuat pemerataan di dunia usaha untuk bersama-sama tumbuh yang akhirnya mendongkrak perekonomian nasional.

Selain itu, kata Jokowi realokasi anggaran Pemda harus diarahkan pada program stimulus ekonomi. Salah satunya menyentuh sektor umkm.

“Ini saya harapkan nanti Mendagri bisa menyampaikan juga ke daerah mengenai ini sehingga kita harapkan UMKM kita bisa bertahan di tengah pandemi covid ini,” ungkap Presiden Jokowi. (Red,/Raiya)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close