EkonomiHeadlineKetentuanKota BandungPelayanan PublikPemerintahanPemulihan EkonomiPeristiwaTarifTransportasi

Mulai Besok, Tarif Bus di Terminal Leuwipanjang Bandung Naik 25 Persen

KOTA BANDUNG, METROJABAR.ID- Tarif bus yang menuju ke Bandung atau sebaliknya via Terminal Leuwipanjang akan mengalami kenaikan pada Senin (25/4/2022) besok.

Kenaikan terjadi bertepatan dengan H-7 menjelang Lebaran 2022.

Kepala Terminal Leuwipanjang Asep Hidayat mengatakan kenaikan tarif akan berlaku untuk bus ekonomi sebesar 20-25 persen. Kenaikan ini juga berdasarkan kesepakatan dari usulan perusahaan otomotif (PO) bus di Bandung.

“Kenaikannya antara 20 sampai 25 persen, mulai H-7 nanti berlakunya,” kata Asep via telepon, Minggu (24/4/2022).

Asep memastikan, kenaikan tarif ini akan diawasi sesuai tarif batas atas dan batas bawah yang telah ditetapkan pemerintah. PO dilarang menaikkan tarif di luar ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Untuk yang ekonomi, ada batas atas batas bawahnya. Maksimal 25 persen, tapi khusus yang non ekonomi atau eksekutif itu diserahkan ke pasar kenaikannya,” terangnya.

Sementara itu, sekitar 2.000 pemudik mulai berdatangan ke Bandung via Terminal Leuwipanjang. Mereka mayoritas berasal dari Jabodetabek, Merak dan dari Pulau Sumatera.

“Sekarang rata-rata hampir 2.000 lebih (penumpang), dan biasanya di bulan Puasa tahun kemarin itu paling 1.200 dan sekarang sudah ada peningkatan 2.000 sampai 2.500 penumpang kedatangan dari arah Jabodetabek maupun dari Merak,” tuturnya.

Terminal Leuwipanjang, kata Asep, menyiapkan 350 bus untuk armada mudik tahun ini. Selain itu, ada 50 bus cadangan yang disiapkan jika terjadi lonjakan penumpang di terminal.

“Mudah-mudahan Terminal Leuwipanjang bisa mengatasi semua pemudik, dan Kami juga akan selalu melakukan ramph chek pada saat bus masuk untuk melihat apakah itu laik jalan atau laik administrasi. Dan kalau tidak layak kita akan kembalikan ke PO,” ucapnya.

Terpisah, seorang supir bus jurusan Bandung-Merak mengaku kenaikan tarif sebesar 25 persen akan mulai diberlakukan pada esok hari. Jika biasanya tarif bus jurusan tersebut sebesar Rp 120 ribu, nantinya akan naik menjadi Rp 145 ribu.

“Naiknya mulai besok kang, hari ini masih normal Rp 120 ribu. Kalau besok Rp 145 ribu,” pungkasnya. (Red./Annisa)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close