AnggaranDampakHeadlineInfrastrukturKota BandungPemerintahanPerbaikan

Dampak Pandemi Anggaran Infrastruktur Jalan Tertunda

KOTA BANDUNG, METROJABAR.ID- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku tengah mencari solusi agar jalan provinsi yang rusak bisa diperbaiki. Meski di tahun lalu Pemprov Jabar kehilangan pendapatan sebesar Rp 4,7 triliun.
Pendapatan yang hilang imbas krisis dan pandemi COVID-19 mengakibatkan terhambatnya proses perbaikan infrastruktur jalan. “2022 ini kita cari cara untuk memperbaiki lebih cepat. (Kondisinya) beda kalau uang ada. Kalau tidak ada COVID-19 dan krisis,” kata Ridwan Kamil kepada awak media di Gedung Sate, Kamis (10/3/2022).

Ridwan Kamil mengatakan saat ini Pemprov Jabar hanya bisa menambal jalan provinsi yang rusak. Saat ini Pemprov dan DPRD Jabar tengah membahas soal APBD 2023, salah satunya soal kebijakan infrastruktur jalan.

“Sekarang sudah mulai bergerak. Seperti di Pamanukan, sudah dilelang. 2023 Insya Allah yang rusak sudah bisa kita bereskan,” kata dia.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil memaparkan tentang dampak pandemi COVID-19 yang mempengaruhi pendapatan Pemprov Jabar. Pada tahun 2020, dikatakan dia, Pemprov Jabar kehilangan Rp 5 triliun.

“Tahun 2021, hilang Rp 4,7 triliun. Yang ada kita geser untuk penanganan COVID-19. Siapa yang dikorbankan? Sebagian adalah jalan-jalan yang ramai itu (rusak),” kata Ridwan Kamil.

Diberitakan sebelumnya, Komisi IV DPRD Jawa Barat (Jabar) menyebut sekitar 65 persen usia jalan provinsi mulai kedaluwarsa. Imbasnya sejumlah ruas jalan provinsi alami kerusakan.

“Berkali-kali saya sampaikan, sekitar 65 persen ruas jalan provinsi itu sudah habis (rusak). Jadi harus banyak rehabilitasi di ruas jalan,” kata anggota Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanady , Rabu (9/3/2022).

Daddy memaparkan saat ini panjang ruas jalan provinsi mencapai 2.360,58 km. Ia mengatakan 65 persen ruas jalan provinsi sudah kedaluwarsa, artinya sekitar 1.500 km jalan provinsi yang kedaluwarsa. Ia mendorong agar Pemprov Jabar mengalokasikan anggaran yang ideal untuk perbaikan infrastruktur jalan.

Warga wilayah Cianjur Selatan juta protes dengan menanam pohon pisang hingga memancing di jalan provinsi yang rusak. Tak hanya itu, warga juga menantang Ridwan Kamil motoran bareng di jalan yang rusak. (Red./Darman)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close