ApresiasiHeadlineInternasionalKota BandungPendidikanPrestasiUniversitas

Wisuda Luring, Itenas Bandung Capai Prestasi Internasional Untuk Wujudkan Visi 2030

KOTA BANDUNG, METROJABAR.ID- Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas) kembali menggelar prosesi Sidang Terbuka Pimpinan serta Senat Wisuda Program Sarjana dan Magister semester ganjil 2021/2022 secara luring di Gedung Serba Guna (GSG) Bale Dayang Sumbi Itenas, Sabtu (5/3/2022).

Acara dibuka dengan prosesi senat memasuki ruang upacara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor Itenas Bandung, Prof. Meilinda Nurbanasari, Ph.D.

Dalam sambutannya, Prof. Meilinda mengatakan bahwa Itenas akan terus berkomitmen menjadi Perguruan Tinggi terbaik dalam berkontribusi meningkatan daya saing bangsa melalui peningkatan mutu lulusan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

Prestasi Itenas

Selanjutnya Prof. Meilinda menyampaikan bahwa pada tahun 2021 Itenas mengikuti program internasionalisasi dengan capaian prestasi sebagai berikut:

  1. Itenas telah mendapat pengakuan dari QS World University Rangkings untuk region Asia (peringkat +651 Asia) atau peringkat ke 33 nasional di Indonesia.
  2. Itenas berkontribusi dalam mendukung pembangunan berkelanjutan (SDGs), dan berdasarkan UI Green Metric, Itenas menempati peringkat ke 55 di Indonesia.
  3. Itenas telah diundang juga untuk mengikuti QS World University Ranking (QS WUR), QS Environment Social Governance (QS ESG), QS Asia University Ranking (QS AUR), serta Times Higher Education World University Ranking (THE WUR) untuk tahun 2023.

“Itenas tidak berpuas diri dengan capaian ini dan Itenas akan terus bekerja keras untuk mewujudkan visi Itenas 2030 yaitu:

“Menjadi perguruan tinggi terkemuka di bidang teknologi, sains dan seni yang berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan dilingkup nasional dan global berlandaskan nilai-nilai integritas, kualitas dan inovasi yang tinggi”, tegas Prof. Meilinda.

Lulusan Terbaik

Pada semester ganjil 2021/2022 ini Itenas melantik 438 wisudawan yang terdiri dari 431 wisudawan program sarjana dan 7 orang wisudawan program magister, dimana terdapat 52 wisudawan menjadi lulusan terbaik atau cumlaude.

Tahun ini prestasi akademik sebagai lulusan terbaik diraih oleh Vita Niedya Pangesti wisudawan Program Studi Teknik Industri dengan IPK 3,92. Sedangkan Prestasi non akademik pada tingkat internasional diraih oleh Arbi Abdul Jabbaar wisudawan Program Studi Teknik Elektro, atas prestasinya Juara 3 tingkat internasional IEEE SEACAS VIRTUAL HACKATHON 2021, yang diselengarakan oleh IEEE CASS Vietnam dan Malaysia; dan Achmad Rizky wisudawan Program Studi Teknik Geodesi, atas prestasi nya Juara 1 Indonesia GIS Contest dan Juara Harapan SuperMap Gis Contest Tingkat Internasional pada tahun 2021 , yang diselengarakan oleh The Geographical Society Of China, China Association Of Geospasial Information Society dan SuperMap Software Co.,Ltd.

Prof. Meilinda menyampaikan juga bahwa saat ini Itenas sedang melakukan proses reakreditasi institusi, dimana pihaknya menargetkan Itenas meraih Akreditasi Unggul.

Pada kesempatan yang sama, wisuda kali ini dihadiri langsung oleh Kepala LLDikti Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T.

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Meilinda terkait target Itenas meraih Akreditasi Unggul, Samsuri mengatakan bahwa pihaknya mendorong Perguruan Tinggi di LLDikti Wilayah IV ditargetkan meraih Akreditasi Unggul.

“Ya, hal ini sesuai dengan visi LLDikti Wilayah IV yaitu mendorong 4-5 tahun ke depan 10 Perguruan Tinggi di LLDikti Wilayah IV ditargetkan meraih Akreditasi Unggul, dan Itenas siap menjadi Perguruan Tinggi yang berakreditasi Unggul”, tutur Samsuri.

Terkait hal tersebut, Samsuri menyampaikan bebrapa hal, yang pertama pihaknya siap membantu sepenuhnya untuk kemajuan Itenas.

Lanjutnya, Samsuri mengatakan bahwa Itenas merupakan Perguruan Tinggi yang senantiasa taat azas, dimana laporan PDDikti Itenas mencapai 100%.

“Kami atas nama LLDikti Wilayah IV memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Itenas sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang telah berhasil meraih berbagai prestasi baik nasional maupun internasional”, pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan prosesi wisuda dan pemberian piagam prestasi akademik, hadiah, dan kenang-kenangan kepada wisudawan cumlaude yang diberikan langsung oleh Rektor Itenas.

Sama halnya dengan wisuda sebelumnya, pelaksanaan wisuda periode semester ganjil 2021/2022 ini hanya dihadiri oleh wisudawan saja, tidak dengan orang tua. Hal ini dikarenakan mengingat kondisi pandemi covid-19 saat ini, dimana jumlah peserta yang ada di dalam gedung dibatasi. Tentunya pelaksanaan acara ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Red./Annisa)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close