EkonomiEra AKBEvaluasiFashionHeadlineKota BandungKreatifKulinerOmzetPelayanan PublikPemerintahanPemulihan dampak pandemiPeristiwaUMKM

Digelar 2 Bulan, Omzet Pasar Kreatif Bandung 2021 Tembus Rp 4,2 Miliar

KOTA BANDUNG, METROJABAR.ID- Pemulihan ekonomi di masa Pandemi COVID-19 terus dilakukan. Salah satunya dengan menggelar Pasar Kreatif Bandung 2021 yang digelar selama 2 bulan. Omzet Pasar Kreatif Bandung 2021 mencapai Rp 4,2 miliar.

Ketua Dekranasda Kota Bandung Siti Muntamah Oded mengatakan, Pasar Kreatif Bandung 2021 ini digelar di 9 mal di Kota Bandung dari Tanggal 17 September sampai 21 November 2021.

“Dengan ada pasar kreatif, kita ingin pemulihan ekonomi keluarga. Kegiatan ini melibatkan 250 pelaku UMKM, tahun lalu enggak ada kuliner, tahun ini ada,” kata Siti di Balai Kota Bandung, Selasa (23/11/2021).

Siti menyebut, kegiatan itu dapat memberikan kebahagiaan bagi warga Kota Bandung dan memberikan keuntungan bagi para pelaku UMKM.

“Alhamdulillah dan membahagiakan, meskipun masih pandemi alhamdulillah banyak dukungan dari pemerintah dan masyarakat kota, juga membantu mereka tidak ragu datang ke mal yang dipilih,” ungkapnya.

“Alhamdulillah kita jumlahkan, omzet yang didapatkan Rp 4,2 miliar kalau yang pasar kreatif,” tambahnya.

Tak hanya Pasar Kreatif Bandung, Pemkot Bandung juga menggelar kegiatan lainnya untuk pemulihan ekonomi.

“Ada kegiatan lain, Bandung Hijab Festival dua kali, Bandung Week Market di Bali dan Beli Lokal Online. Semuanya kalau dijumlahkan (omzet) mencapai Rp 9 miliar dari target Rp 6 miliar,” tuturnya.

“Melebihi target, lebih dari 30 persen,” ujarnya.

Siti menyebut, produk UMKM yang dijual di Pasar Kreatif Bandung 2021 bagus dan harga murah.

“Ciri khas Bandung, selera internasional. Produknya bisa diterima pasar lokal, regional, nasional bahkan internasional. Sebelum dipamerkan, kita lakukan evaluasi dan dampingan, semua produk sudah dikurasi,” ujarnya.

Siti menyebut, produk fashion laku keras di Pasar Kreatif Bandung 2021.

“Ternyata produk paling diminati 74 persennya fashion, Bandung fashion city itu memang tepat, kreatif banget, batiknya, kreatifitas anak muda, emak-emak, anak kecil juga, aksesori juga masyaallah,” jelas Siti.

Kabid Perindustrian dan Perdagangan Indah Kurniawati mengatakan, perkembangan Pasar Kreatif Bandung dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

“Lihat dari 2020 omzetnya Rp 1,6 miliar. Sekarang omzetnya mencapai 4,2 miliar,” ujarnya. (Red./Annisa)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close