BerkoordinasiEkonomiHeadlineKota BandungMonitoringOperasiOperasi PasarPelayanan PublikPemerintahanPerdaganganPeristiwaRapat

Harga Minyak Goreng Curah Alami Kenaikan, Pemkot Bandung Siapkan Operasi Pasar

KOTA BANDUNG, METROJABAR.ID- Harga minyak goreng jenis curah di Kota Bandung dalam beberapa hari terakhir mengalami kenaikan yang signifikan.

Namun perlu diketahui, harga minyak goreng ini terkerek dengan naiknya harga minyak sawit mentah (CPO). Bahkan kenaikan harga minyak goreng dialami di sejumlah daerah lainnya.

Harga minyak goreng jenis curah kini mencapai Rp18 ribu Perkilogram jauh dari harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp 12.500.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung (Disdagin) Elly Wasliah mengatakan, kenaikan harga minyak tersebut mengikuti harga minyak mentah dunia.

Untuk diketahui saat ini, Kondisi harga mintak dunia mengalami kenaikan di seluruh dunia hal tersebut berdampak kepada Indonesia.

“Jadi kalau CPO naik, (harga) minyak goreng naik sekarang HET minyak goreng Rp 12.500. Sekarang sudah melonjak untuk harga curah aja di Rp 18 ribu kemasan di satu liter,” ujar Elly, Selasa (02/11/2021).

Selain itu Elly menuturkan, Para petugas Disdagin kota Bandung, Melakukan monitoring data harga komoditas pangan yang dilakukan tiap hari Kamis.

“Seminggu sekali monitoring di tujuh pasar tradisional dan swalayan,” katanya.

Terkait hal itu, Elly mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bulog Bandung untuk membahas operasi pasar.

“Kita sedang menjajaki operasi pasar dengan Bulog. Hari ini mereka rapat internal dan melihat stok minyak kemasan,” bebernya.

Elly menjelaskan, pada Januari tahun 2022 minyak curah sudah tidak diperbolehkan dan harus dikemas.

“Januari tahun 2022 tidak ada minyak curah harus kemasan,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengaku sudah memantau kondisi harga minyak goreng yang mengalami kenaikan. Pihaknya akan langsung bertindak salah satunya dengan operasi pasar.

Insya Allah kita menyikapi itu dengan konteks ya tugas kita sebagai pemerintah,” tandasnya. (Red./Annisa)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close