AplikasiDigitalisasiEkonomiEra AKBEra DigitalHeadlineInovasiKota BandungKreativitasKulinerPelayanan PublikPemerintahanPenanganan Covid-19Teknologi

UMKM Kuliner di Tokopedia Meningkat 60%, Pemkot Bandung Dorong Digitalisasi

KOTA BANDUNG, METROJABAR.ID- Pemanfaatan digitalisasi dalam sektor ekonomi tak bisa dielakkan di masa pandemi Covid-19. Di masa pembatasan mobilitas, penggunaan teknologi digital mampu membantu mempertahankan laju usaha, khususnya bagi para pelaku UMKM kuliner di Bandung.

Berdasarkan survei Tokopedia, jumlah UMKM kuliner Bandung yang bergabung di Tokopedia Nyam meningkat 60 persen di kuartal II/2021, dari kuartal sebelumnya. “Ini menunjukkan bagaimana UMKM siap untuk tumbuh dan tangguh dengan memanfaatkan platform digital,” kata Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan, Kamis, 23 September 2021.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengakui pandemi melemahkan daya beli warga. Namun, ia meminta agar para pengusaha UMKM tidak berhenti berinovasi dan berkreasi agar ekonomi bisa terus berjalan. Di samping, pemerintah menyiapkan berbagai stimulus untuk mendukung keberlanjutan usaha.

“Pemerintah di Kota Bandung berbagi peran meski ada keterbatasan anggaran. Disperindag di uji mutu, sertifikasi halal dibayari oleh kami, digitalisasi marketing. Kemudian, kerja sama dengan sembilan mal besar di Kota Bandung untuk lakukan kegiatan pasar kreatif,” kata dia.

Yana mengungkapkan cukup banyak produk kreatif tercipta dari para pelaku UMKM kuliner di masa pandemi. Namun, ia menyadari keterampilan mereka masih perlu ditingkatkan, terutama di pengemasan, branding, dan pemasaran. Digitalisasi diakui membantu para pengusaha memperluas akses pasar mereka.

“UMKM ini jenis yang paling tahan terhadap, mau krisis atau pandemi. Mudah-mudahan dengan ini (digitalisasi), pertumbuhan ekonomi bisa meningkat terus,” sambung dia. (Red./Annisa)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close