AspirasiHeadlineKebersihanKepedulianKerjasamaKota BandungLingkunganPemerintahanPencegahan BencanaTNI/POLRI

Kolaborasi Pemkot Bandung Dansektor 22 Bersama Dinas PU Kota Bandung Tanam Pohon Keras dan Buah Buahan

KOTA BANDUNG, METROJABAR.ID- Konservasi lahan kritis wilayah Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) bersama Satgas Citarum Harum sektor 22 yang dikomando Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., bertempat di Lembah Tangga 100 JI. Prabu Siliwangi Kelurahan Cisurupan Kecamatan Cibiru, Selasa (10/08/2021).

Pada kesempatan tersebut Dansektor 22 bersama Wakil Wali Kota Bandung (Yana Mulyana) didampingi Kadis DPU (Ir. Didi Ruswandi, S.T., M.T.,) dan Camat Cibiru (Drs. Dindin Dikayuwana, M.Si.,) menanam pohon keras dan buah-buahan untuk memenuhi lahan kosong pengisi landscape yang sudah tertata rapih.

Menurut Dansekror 22 Kolonel Eppy Gustiawan, penanaman pohon tanaman keras ini memang seharusnya dilakukan, karena Ruang Tata Hijau (RTH) wilayah atas di Kota Bandung sangat memerlukannya.

“Hal ini diperlukan sebagai penyelamatan lingkungan dari bahaya banjir yang selama ini terjadi di musim hujan, sedangkan dimusim kemarau terjadi kekeringan yang dahsyat, inilah fungsi dari tanaman keras yang bisa mengendalikan kedua musim tersebut,” papar Kolonel Eppy.

Disamping itu Kolonel Eppy menuturkan perlunya reboisasi wilayah RTH selain peruntukan serapan air, juga bisa pemenuhan indeks kebahagiaan masyarakat.

“Soalnya disini kita tanami tanaman keras buah buahan, yang nantinya masyarakat bisa menikmati langsung hasil buahnya,” imbuh Kolonel Eppy.

Tidak jauh dari argumen Dansektor 22, Wakil Wali Kota Bandung mengatakan, bahwa Pemkot Bandung selalu berupaya untuk penyelamatan wilayah bawah yaitu pusat kota dari banjir yang kerap terjadi.

“Air yang membanjiri Kota Bandung adalah kiriman dari wilayah atas termasuk daerah ini, maka selagi ada ruang kita melakukan penghijauan dengan tanaman keras, saya yakin warga akan terpenuhi kebahagiaanya ketika tanaman buah ini sudah menghasilkan,” kata Yana.

Reboisasi melalui tanaman keras buah buahan, Pemerintah Kota Bandung bersama Satgas Sektor 22 Citarum Harum terus bersinergi merambah ke wilayah lainya.

Kolaborasi bidang penanaman Satgas bersama Pemkot Bandung telah melakukan di beberapa tempat di area tanah milik Pemkot Bandung berupa RTH di wilayah perbatasan Kawasan Bandung Utara.

Giat ini dihadiri oleh Komandan Sektor 22 Citarum Harum, Kadis DPU, Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Camat Cibiru, Lurah Cisurupan dan Ketua RW.10 Cisurupan.

Kehadiran dari beberapa lembaga ini merupakan kesepakatan pendukungan Program Citarum Harum dan Progres Reboisasi wilayah KBU Kota Bandung.  (Red./Ansar nurhadi)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close