AgamaBandung RayaEkonomiHeadlineHimbauanInfrastrukturKESEHATANKesejahteraanPelayanan PublikPembangunanPemerintahanPeristiwaPertanggung JawabanProgram

Kelurahan Sukapura Gelar Musrenbang RKPD 2022

KOTA BANDUNG, METROJABAR.ID- Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, di Rumah Makan Nelongso, Jumat (22 Januari 2021).

Musrenbang dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Kiaracondong, Anggota DPRD Kota Bandung Dapil Kecamatan Kiaracondong, Ketua DPD LPM Kota Bandung, WaKapolsek Kecamatan Kiaracondong, Kepala UPT Puskesmas Kiaracondong, Delegasi RW, para Ketua Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LPM, RW, PKK, Karang Taruna) Kelurahan Sukapura serta tokoh masyarakat dan stakeholder se-Kelurahan Sukapura. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pembukaan dan penutupan Musrenbang dilakukan oleh Lurah Sukapura, Melinasari. Dalam sambutannya, Melinasari mengatakan, perencanaan pembangunan yang dirancang diharapkan tidak hanya ampuh menyelesaikan permasalahan pada saat ini. Ia berharap, perencanaan pembangunan juga mampu mengantisipasi permasalahan di masa datang melalui pendekatan yang kolaboratif dan inovatif.

“Kami berharap banyak, semoga SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait dapat segera menindaklanjuti seluruh hasil Musrenbang ini,” katanya.

Musrenbang RKPD dilaksanakan berdasarkan Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017.

Proses Musrenbang tahunan Kelurahan Sukapura diselenggarakan mulai dari tahap rembuk warga yang berlangsung pada 7-14 Januari 2021. Kemudian dilanjutkan dengan Musrenbang Tingkat Kelurahan yang memiliki peran strategis dalam penyusunan RKPD Tahun 2022 agar tetap dalam koridor RPJMD 2018-2023. Fase terakhir adalah Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Bandung Tahun 2005-2025.

“Musrenbang tahun ini merupakan konsultasi publik untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan dari masyarakat mengenai prioritas program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2022,” kata Melinasari.

Melinasari menyampaikan terima kasih kepada para narasumber, stakeholder serta seluruh peserta yang telah berkontribusi meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk Kelurahan Sukapura dan umumnya Kota Bandung.

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Sukapura, Brio Deviola dalam laporannya menyampaikan, beberapa output Musrenbang tahun ini merupakan prioritas pembangunan Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kiaracondong tahun 2022. Prioritas tersebut adalah, infrastruktur yang terpadu dan berkualitas; peningkatan kualitas layanan air bersih; peningkatan derajat kesehatan masyarakat; dan kualitas lingkungan hidup.

“Musrenbang yang telah dilaksanakan akan menjadi kesepakatan bersama dalam menentukan langkah-langkah pembangunan di tahun 2022 untuk mewujudkan Kelurahan Sukapura Bersinar dalam rangka dalam rangka mendukung visi Kota Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera, dan agamis,” katanya. (Red./Azay)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Translate »
Close
Close