Metrojabar.id
  • Home
  • Bandung Raya
  • Nasional
  • Redaksi
No Result
View All Result
Metrojabar.id
  • Home
  • Bandung Raya
  • Nasional
  • Redaksi
No Result
View All Result
Metrojabar.id
No Result
View All Result
  • DITERBITKAN
  • Media Terkini dan Aktual
  • Redaksi

Semakin Sibuk, Layanan 119 dan 112 Siap Layani Warga

Maret 21, 2020
in Uncategorized
merebaknya kasus Covid-19 di Indonesia, frekuensi telepon di layanan pusat panggilan 119 meningkat 27,91%

merebaknya kasus Covid-19 di Indonesia, frekuensi telepon di layanan pusat panggilan 119 meningkat 27,91%

KOTA BANDUNG, METRO JABAR.ID

Sejak merebaknya kasus Covid-19 di Indonesia, frekuensi telepon di layanan pusat panggilan 119 meningkat 27,91% dibandingkan dengan rata-rata dua bulan lalu. Jumlah panggilan terkait Covid-19 meningkat signifikan pada tanggal 15 Maret 2020.

Kepala Sub Bagian UPT Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu/PSC 119 Dinkes Kota Bandung, Eka Anugrah mengungkapkan hingga 20 Maret 2020, ada 210 panggilan terkait Covid-19.

BacaJuga

Radea Respati Dorong Akselerasi Inovasi Digital dan Peningkatan SDM Pelayanan Admindukcapil

Antisipasi DBD Merebak, Dewan Lakukan Penguatan Edukasi Bersama Dinas dan Kewilayahan

“Kebanyakan dari warga yang mengonsultasikan kondisi yang dialami. Ada kekhawatiran terhadap Covid-19,” ujar Eka Anugerah kepada Humas Kota Bandung, Sabtu (21/3/2020).

Setiap menerima panggilan, tim 119 akan mengkonfirmasi gejala penelepon. Jika memiliki gangguan kesehatan, tim akan melakukan tindakan-tindakan sesuai prosedur.

“Kami arahkan langsung sesuai SOP. Apakah harus karantina di rumah, datang ke fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) atau dievakuasi dari rumah,” kata Eka.

Tak hanya memberikan rekomendasi tindakan kesehatan, tim yang bersiaga 24 jam penuh ini juga melayani konsultasi dan edukasi terkait keluhan atau pertanyaan apapun dari warga. Sebagian besar yang meminta layanan 119 juga adalah fasilitas kesehatan yang berkoordinasi untuk memberikan rujukan.

“Rumah sakit yang akan merujuk wajib call ke 119 untuk koordinasi ke rumah sakit tujuan. Sehingga tidak ada ceritanya (pasien) safari rumah sakit,” jelas Eka.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Dicky Wishnumulya mengungkapkan, selama satu pekan ini, mulai tanggal 15 – 21 Maret sudah ada 21 panggilan yang masuk mengenai virus Corona ini.

“Dari tanggal 15-21 Maret ini ada 21 panggilan yang masuk ke 112,” tutur Dicky.

Dicky menambahkan, kebanyakan masyarakat yang menanyakan mengenai gejala langsung dalam tubuhnya. Seperti, batuk, pilek, flu, pusing kepala dan sebagainya.

“Paling banyak ditanyakan warga itu keluhkan tentang batuk, pilek, flu, panas dan sebagainya. Rata-rata tenggorokan yang sering dirasakan. Intinya langsung menanyakan mengenai kesehatan,” beber Dicky.

Ia tegaskan, semua laporan yang masuk ke call center 112 langsung ditindaklanjuti ke call center 119.

“Semua laporan langsung kami tindaklanjuti ke 119. Nantinya oleh Dinkes di ditindaklanjuti kembali,” tambah Dicky.

Selain merebaknya virus ini, lanjutnya, call center 112 menerima laporan masyarakat mengenai beberapa urusan seperti infrastruktur, pohon tumbang, kebakaran, kemacetan dan urusan lainnya.

“Kalau dari awal sebelum adanya covid 19 ini, kita tangani keluhan masyarakat, seperti, jalan bolong, pohon tumbang, kebakaran, macet dan lain-lain,” tandasnya. (Iwnaruna/Azay)

Tags: Kabag UPT Dinkes Kota Bandung
ShareTweetPin

BeritaTerkait

Radea Respati Dorong Akselerasi Inovasi Digital dan Peningkatan SDM Pelayanan Admindukcapil

Oktober 22, 2025
0

METRO JABAR.ID -- Ketua Komisi I DPRD Kota Bandung, Assoc. Prof. Dr. H. Radea Respati Paramudhita, S.H., M.H., menjadi narasumber...

Antisipasi DBD Merebak, Dewan Lakukan Penguatan Edukasi Bersama Dinas dan Kewilayahan

Oktober 22, 2025
0

METRO JABAR.ID -- Ketua Komisi IV DPRD Kota Bandung, H. Iman Lestariyono, S.Si., S.H., menjadi narasumber pada kegiatan rapat koordinasi...

Galeri Patrakomala Jadi Inspirasi Komisi II DPRD Kalteng Kembangkan Produk Lokal

Oktober 22, 2025
0

METRO JABAR.ID -- Galeri Patrakomala Dekranasda Kota Bandung di Braga City Walk menerima kunjungan kerja dari Komisi II DPRD Provinsi...

Peserta Sespimma Polri Belajar Strategi Lawan Hoaks dan Kejahatan Siber ke Pemkot Bandung

Oktober 21, 2025
0

METRO JABAR.ID -- Peserta Didik Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimma) Polri Angkatan ke-74 Tahun Ajaran 2025 belajar ke Finas...

DPRD dan Pemerintah Kota Bandung Setujui Nota Kesepakatan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2026

Oktober 21, 2025
0

METRO JABAR.ID -- DPRD Kota Bandung menyelenggarakan rapat paripurna dengan agenda Penandatanganan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas...

Load More
Next Post
Sholaat Imam A. Bushiri di adakan secara sederhana di rumah H. Erwin SE, hanya dalam lingkungan keluarga

Instruksi DPP PKB, Sholawat Burdah Dilakukan di Rumah Masing-masing

Forum Buruh Depok Menolak Omnibus Law RUU Cipta Kerja dan Pencegahan Virus Covid 19

RUU Omnibus Law Cipta Karya Ditolak Buruh Se Kota Depok

Discussion about this post

Recommended

Bawaslu Se-Kabupaten Sukabumi Umumkan Peserta Yang Lolos Anggota Panwascam Berjumlah 141 Orang

Desember 22, 2019

Semangat MADANI, Ciptakan Lingkungan Nyaman dan Aman di Rancasari Bandung

Oktober 7, 2024

KPU Kota Bandung Mulai Gelar Rekapitulasi Perolehan Suara Pilkada Serentak 2024

Desember 6, 2024

Cannot purchase internet-connected adult toys in this pandemic (or actually ever) |

Maret 1, 2025
Translate »
No Result
View All Result
  • Home
  • Bandung Raya
  • Nasional
  • Redaksi