Metrojabar.id
  • Home
  • Bandung Raya
  • Nasional
  • Redaksi
No Result
View All Result
Metrojabar.id
  • Home
  • Bandung Raya
  • Nasional
  • Redaksi
No Result
View All Result
Metrojabar.id
No Result
View All Result
  • DITERBITKAN
  • Media Terkini dan Aktual
  • Redaksi

Semakin Sibuk, Layanan 119 dan 112 Siap Layani Warga

Maret 21, 2020
in Uncategorized
merebaknya kasus Covid-19 di Indonesia, frekuensi telepon di layanan pusat panggilan 119 meningkat 27,91%

merebaknya kasus Covid-19 di Indonesia, frekuensi telepon di layanan pusat panggilan 119 meningkat 27,91%

KOTA BANDUNG, METRO JABAR.ID

Sejak merebaknya kasus Covid-19 di Indonesia, frekuensi telepon di layanan pusat panggilan 119 meningkat 27,91% dibandingkan dengan rata-rata dua bulan lalu. Jumlah panggilan terkait Covid-19 meningkat signifikan pada tanggal 15 Maret 2020.

Kepala Sub Bagian UPT Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu/PSC 119 Dinkes Kota Bandung, Eka Anugrah mengungkapkan hingga 20 Maret 2020, ada 210 panggilan terkait Covid-19.

BacaJuga

Farhan Ajak Warga Kota Bandung Wujudkan Kota Inklusif

DPRD Kota Bandung Dorong Penguatan Toleransi Melalui Implementasi Perda Nomor 13 Tahun 2025

“Kebanyakan dari warga yang mengonsultasikan kondisi yang dialami. Ada kekhawatiran terhadap Covid-19,” ujar Eka Anugerah kepada Humas Kota Bandung, Sabtu (21/3/2020).

Setiap menerima panggilan, tim 119 akan mengkonfirmasi gejala penelepon. Jika memiliki gangguan kesehatan, tim akan melakukan tindakan-tindakan sesuai prosedur.

“Kami arahkan langsung sesuai SOP. Apakah harus karantina di rumah, datang ke fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) atau dievakuasi dari rumah,” kata Eka.

Tak hanya memberikan rekomendasi tindakan kesehatan, tim yang bersiaga 24 jam penuh ini juga melayani konsultasi dan edukasi terkait keluhan atau pertanyaan apapun dari warga. Sebagian besar yang meminta layanan 119 juga adalah fasilitas kesehatan yang berkoordinasi untuk memberikan rujukan.

“Rumah sakit yang akan merujuk wajib call ke 119 untuk koordinasi ke rumah sakit tujuan. Sehingga tidak ada ceritanya (pasien) safari rumah sakit,” jelas Eka.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Dicky Wishnumulya mengungkapkan, selama satu pekan ini, mulai tanggal 15 – 21 Maret sudah ada 21 panggilan yang masuk mengenai virus Corona ini.

“Dari tanggal 15-21 Maret ini ada 21 panggilan yang masuk ke 112,” tutur Dicky.

Dicky menambahkan, kebanyakan masyarakat yang menanyakan mengenai gejala langsung dalam tubuhnya. Seperti, batuk, pilek, flu, pusing kepala dan sebagainya.

“Paling banyak ditanyakan warga itu keluhkan tentang batuk, pilek, flu, panas dan sebagainya. Rata-rata tenggorokan yang sering dirasakan. Intinya langsung menanyakan mengenai kesehatan,” beber Dicky.

Ia tegaskan, semua laporan yang masuk ke call center 112 langsung ditindaklanjuti ke call center 119.

“Semua laporan langsung kami tindaklanjuti ke 119. Nantinya oleh Dinkes di ditindaklanjuti kembali,” tambah Dicky.

Selain merebaknya virus ini, lanjutnya, call center 112 menerima laporan masyarakat mengenai beberapa urusan seperti infrastruktur, pohon tumbang, kebakaran, kemacetan dan urusan lainnya.

“Kalau dari awal sebelum adanya covid 19 ini, kita tangani keluhan masyarakat, seperti, jalan bolong, pohon tumbang, kebakaran, macet dan lain-lain,” tandasnya. (Iwnaruna/Azay)

Tags: Kabag UPT Dinkes Kota Bandung
ShareTweetPin

BeritaTerkait

Farhan Ajak Warga Kota Bandung Wujudkan Kota Inklusif

Desember 8, 2025
0

METRO JABAR.ID -- Wali Kota Bandung, Muhammad Farhan menegaskan pentingnya memperluas pemahaman masyarakat terkait kebutuhan penyandang disabilitas dan lansia. Hal...

DPRD Kota Bandung Dorong Penguatan Toleransi Melalui Implementasi Perda Nomor 13 Tahun 2025

Desember 5, 2025
0

METRO JABAR.ID -- DPRD Kota Bandung menegaskan komitmennya untuk memperkuat nilai-nilai toleransi dan menjaga kerukunan masyarakat melalui implementasi Peraturan Daerah...

Pemkot Bandung Rehabilitasi 335 Ruang Belajar Sepanjang 2025

Desember 5, 2025
0

METRO JABAR.ID -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus mempercepat peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan pada 2025–2026. Kepala Dinas Pendidikan...

Sekda: Kuatkan Perencanaan dan Kompetensi untuk Tingkatkan Kualitas Pengadaan Barang dan Jasa

Desember 3, 2025
0

METRO JABAR.ID -- Sekretaris Daerah Kota Bandung, Iskandar Zulkarnain menilai, pengadaan barang dan jasa merupakan salah satu unsur paling strategis...

Babakan Siliwangi Kota Bandung Ditata Ulang

Desember 3, 2025
0

METRO JABAR.ID -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus menata ulang kawasan Hutan Kota Babakan Siliwangi (Baksil) untuk meningkatkan kenyamanan dan...

Load More
Next Post
Sholaat Imam A. Bushiri di adakan secara sederhana di rumah H. Erwin SE, hanya dalam lingkungan keluarga

Instruksi DPP PKB, Sholawat Burdah Dilakukan di Rumah Masing-masing

Forum Buruh Depok Menolak Omnibus Law RUU Cipta Kerja dan Pencegahan Virus Covid 19

RUU Omnibus Law Cipta Karya Ditolak Buruh Se Kota Depok

Discussion about this post

Recommended

Anggota Komisi A DPRD Kota Bandung Beri Apresiasi ASN Pemkot Bandung Purnabakti

Februari 24, 2022

Pemkot Bandung Berkomitmen Tingkatkan Mutu Pendidikan

Januari 3, 2024

Program Bandung Nyaah Ka Indung Upaya Warga Lindungi Para Ibu

April 15, 2025

Bikin Geram! Malaysia Jiplak Lagu Halo-halo Bandung jadi “Hello Kuala Lumpur”

September 12, 2023
Translate »
No Result
View All Result
  • Home
  • Bandung Raya
  • Nasional
  • Redaksi